REKOMENDASI K-DRAMA YANG TAMPILKAN HUBUNGAN "GREEN FLAG" (PART 1)

REKOMENDASI K-DRAMA YANG TAMPILKAN HUBUNGAN "GREEN FLAG"

Teman-teman tau sekarang sedang marak informasi mengenai red flag relationship yang mana menjurus pada hubungan yang tidak sehat. Nah green flag relationship kebalikannya, yakni tanda-tanda hubungan yang sehat. 

Jika merujuk pada artikel berikut, hubungan yang sehat dapat dibawa ke jenjang yang lebih panjang, yakni hubungan pernikahan. Berikut tanda-tanda hubungan yang sehat:

  1. Komunikasi terbuka. Ketika kamu dan pasangan nyaman mendiskusikan segala hal. Tidak ada konflik yang disembunyikan, pun ketika ada konflik masing-masing saling jujur dan mencari solusinya bersama-sama.
  2. Tetap menjadi diri sendiri. Ketika memiliki pasangan, tidak harus menjadi sosok yang sempurna. Pun tidak perlu harus menuntut pasangan kita sempurna. Tetap menjadi diri sendiri dengan berani mengungkapkan keinginan, mempertahankan nilai-nilai yang dianut, dan mengekspresikan emosi dengan nyaman.
  3. Memberi pasangan waktu 'me time'. Kehidupan pasangan kita tidak semuanya berpusat di satu orang. Pasangan kita juga memiliki keluarga, teman-teman dekat, pekerjaan yang harus diselesaikan, dan aktivitas yang mereka sukai. Dengan memberikan waktu 'me time' turut menyukseskan lingkungan yang supportif bagi pasangan.
  4. Memiliki hubungan yang baik dengan keluarga. Dalam menjalin suatu hubungan tidaklah berpusat ke kalian saja, melainkan ada hubungan dari kedua keluarga yang harus dijaga. Hubungan yang sehat dimana mereka yang bisa merangkul kedua pihak keluarga.
  5. Berani meminta maaf. Meminta maaf merupakan salah satu cara meminimalisir konflik dalam suatu hubungan, karenanya hubungan yang sehat dimana dua orang yang berani mengesampingkan ego dan meminta maaf ketika ada suatu permasalahan di dalam hubungan.
  6. Mendorong pasangan menjadi orang yang lebih baik. Hubungan yang sehat ketika dua orang memberikan dukungan untuk menjadi versi terbaik dalam dirinya. Menemani dalam setiap langkahnya bertumbuh dan tidak langsung menghakimi ketika ada kesalahan.
  7. Saling mencintai. Menghargai apa yang diupayakan pasangan dan memperjuangkan hubungan kalian menjadi hubungan yang sehat.
Dari tanda-tanda green flag relationship diatas, kiranya inilah pasangan K-Drama (versi saya) yang memiliki hubungan yang sehat. Percaya deh, ketika teman-teman menonton K-Drama mereka, teman-teman akan merasa bertumbuh untuk terus belajar menjadi pribadi yang lebih baik agar nantinya bisa membangun hubungan yang baik pula.

Pasangan-pasangan ini memang bukan pasangan yang sempurna, tapi mereka saling belajar untuk meredam ego, berdamai dengan masa lalu, hingga belajar saling terbuka dan saling menghargai pasangan. Pokoknya nonton ceritanya mereka bagi saya serasa healing, dan juga jadi pengen punya pasangan yang seperti itu 😭

  • Song Marin - Yoo So Joon (Tommorow With You - 2017)

Pasangan suami istri ini merupakan salah satu pasangan tergemes seantero K-Drakor. Kalau lihat mereka bawaannya jadi ingin nikah saja, tapi suaminya Yoo So Joon :)

Yoo So Joon merupakan seorang pengusaha sekaligus penjelajah waktu. Karena ia memiliki kemampuan yang tidak biasa, maka ia menyembunyikan kemampuan itu dari orang-orang terdekatnya, termasuk pada istrinya Song Marin. Namun lama kelamaan Marin menaruh curiga akan barang-barang aneh yang dimiliki So Joon karena barang-barang tersebut dibuat di masa depan. Sehingga dari sinilah terjadi konflik dalam rumah tangga mereka dan pada akhirnya So Joon terbuka pada Marin mengenai kemampuannya dalam menjelajah waktu.

Selain banyak momen-momen manis dalam rumah tangga mereka, banyak pula masalah yang tidak terkomunikasikan dengan baik bersama pasangan. Misal ketika So Joon mengetahui takdir hidup Marin di masa depan yang akan meninggal akibat ditabrak mobil, ia berusaha menyelamatkan Marin tanpa Marin tau apa yang sebenarnya So Joon lakukan. Sehingga muncullah banyak kecurigaan dan konflik dalam hubungan mereka. Akan tetapi ketika mereka memutuskan untuk memperbaiki komunikasi, perlahan-lahan kesalahpahaman diantara mereka bisa terselesaikan.

Baca juga Menemukan Makna Kebahagiaan Dalam K-Drama 'Hello, It's Me!'

Terakhir, yang membuat saya salut akan pasangan ini yaitu cinta mereka tumbuh dengan terbiasa. So Joon menikahi Marin dengan niat untuk mengubah takdir hidupnya, begitupula Marin yang menikahi So Joon karena tuntutan untuk segera menikah. Meskipun pada awalnya mereka tidak saling cinta, tapi cinta diantara mereka hadir dengan mengalir apa adanya. Di awal pernikahan Marin berusaha menjadi istri yang sesungguhnya seperti menyiapkan bekal, belajar memasak, mengantarkan suami kerja, dan sebagainya. Begitu pula So Joon yang menghormati Marin sebagaimana suami menghormati istri lainnya. Hingga cinta tumbuh dalam hati mereka dan cinta tersebut semakin kuat ketika pasangan ini diuji dengan hilangnya So Joon di lintas ruang dan waktu. Meskipun So Joon tidak kembali selama bertahun-tahun, Marin dengan setia menunggu. Ia mengirimkan banyak email di masa depan dengan tahun-tahun yang acak, serta mengenang setiap momen dengan So Joon, bahkan membuatkan pameran fotografi khusus untuk So Joon.

Begitu pula So Joon, ketika ia hilang di masa depan dan mengalami kecelakaan. Ia memiliki semangat untuk bertahan hidup agar bisa bertemu Marin di tahun Marin masih hidup. Setiap hari ia mencoba melewati tempat yang biasanya ia gunakan untuk berganti waktu, dengan harapan bisa bertemu Marin tapi ia selalu gagal. Tapi pada akhirnya tekad yang kuatlah berhasil mengantarkan So Joon menembus ruang dan waktu hingga bertemu dengan Marin.

Overall menurut saya meskipun jalan ceritanya sedikit membingungkan tapi saya vote banyak-banyak untuk pasangan ini karena hubungan mereka yang goals banget. Saya beri nilai 8/10.

  • Gong Woo Jin - Woo Seo Ri (Thirty But Seventeen - 2018)

Drama ini menceritakan tentang Woo Seo Ri yang mengalami kecelakaan bus di umur 17 tahun dan dalam kondisi koma hingga terbangun di usia 30 tahun. Selama Seo Ri dalam masa koma, banyak momen yang terjadi dalam keluarganya serta ia kehilangan momen di masa remajanya. Sehingga meskipun ia sudah berusia 30 tahun, tapi keadaan mentalnya seperti remaja berusia 17 tahun. Peristiwa kecelakaan yang terjadi pada Seo Ri terhubung dengan kisah hidup Gong Woo Jin, akibat kecelakaan tersebut Woo Jin memiliki perasaan traumatis yang terlalu dalam sehingga ia menjadi pribadi yang tertutup.

Seo Ri bertemu dengan Woo Jin sebagai mantan pemilik rumah serta pemilik rumah saat ini. Meskipun Seo Ri merupakan orang asing bagi Woo Jin tapi ia menerima kehadiran Seo Ri dan memberikan tempat tinggal kepadanya. Tinggal di rumah Woo Jin memberikan kenyamanan sebuah keluarga pada Seo Ri. Karena selain Seo Ri dan Woo Jin, dirumah tersebut tinggallah pembantu rumah tangga mereka, Jennifer bersama keponakan Woo Jin, Chan dan teman-teman club dayung Chan. Bersama-sama mereka saling menyayangi dan mendukung satu sama lain.

Hingga akhirnya terungkaplah bahwa Seo Ri dan Woo Jin merupakan cinta pertama bagi keduanya. Mereka bersama-sama mencoba berdamai dengan luka traumatis di masa lalu, dan saling menyembuhkan satu sama lain. Hingga akhirnya pasangan ini memutuskan untuk menikah dan hidup dengan bahagia.

Kalau teman-teman sedang mencari K-Drama yang buat healing time, sangat saya sarankan untuk nonton K-Drama ini. Menurut saya drama ini semua tokohnya tidak ada yang antagonis, antar tokoh selalu mendukung satu sama lain. Pun jalan ceritanya yang ringan dengan bumbu komedi di dalamnya. Saya beri nilai 8,7/10.

  • Ryan Gold - Sung Deok Mi (Her Private Life - 2019)

Bagi teman-teman pembaca penggemar K-Popers dan sudah menonton Her Private Life, pasti kalian mengidolakan Ryan Gold sebagai pasangan kalian kan? Ayo ngaku...wkwkwk

Memang benar sih, sosok Ryan Gold idaman banget bagi para K-Popers. Bayangin aja kalau kamu K-Popers akut dan pendiri salah satu fanpage yang punya banyak pengikut, dan pacar kamu support banget sama hobimu itu. Gilak itu idaman banget gak sih? 

Itulah yang dirasakan Sung Deok Mi, penggemar Cha Si An dari boyband White Ocean sekaligus pendiri fanpage "Cha Si An Is My Life". Deok Mi merupakan seorang kurator di galeri seni, ditengah waktu luangnya ia seringkali menghadiri fansign, konser, live performance, hingga segala gerak gerik Cha Si An terabadikan di kameranya. Meskipun Deok Mi sering melakukan aktivitas fangirling, tapi di dunia nyata Deok Mi memilih menyembunyikan identitasnya sebagai fans idol.

Pun meski ia sudah berpacaran dengan Ryan Gold, Direktur Galeri Seni di tempat kerjanya. Deok Mi masih enggan untuk jujur pada Ryan mengenai hobinya tersebut. Hebatnya Ryan Gold menurut saya, ia tidak memaksa Deok Mi untuk bercerita disaat Deok Mi merasa tidak nyaman untuk menceritakan aktivitas fangirlingnya. Akan tetapi Ryan Gold yang penasaran mencari tau sendiri bahkan menjadi salah satu pengikut dari fanpage yang dikelola Deok Mi. Pada akhirnya Deok Mi tau bahwa Ryan mengetahui aktivitas fangirlingnya. Deok Mi awalnya takut Ryan tidak menyukai aktivitas fangirling akan tetapi Ryan menyakinkan bahwa Deok Mi bisa tetap melanjutkan aktivitas fangirlingnya meskipun mereka berdua sudah berpacaran.

Ryan menerima Deok Mi apa adanya. Ia tidak pernah sekalipun meminta Deok Mi meninggalkan aktivitas fangirlingnya yang dianggap sebagian orang merupakan aktivitas yang aneh. Malah yang ada Ryan mencoba memahami hobi Deok Mi sebagai fangirl dengan mendengarkan cerita-cerita tentang idolnya, mengoleksi merchandise idol hingga memenuhi rumahnya, bahkan ketika Ryan tau bahwa Cha Si An sebagai adik tirinya, ia tetap merahasiakan bahwa Deok Mi merupakan fans sekaligus pengelola fanpage "Cha Si An Is My Life". Pada momen perayaan ulang tahun Deok Mi pun, Ryan memberikan momen berdua antara Deok Mi dan Si An tanpa Si An ketahui bahwa Deok Mi merupakan fansnya.

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari pasangan ini, terutama mengenai healthy relationship dimana mereka selalu mengkomunikasikan apapun termasuk masalah yang terjadi dalam hubungan mereka serta mencari solusinya agar tidak berlarut-larut. Selain itu mereka merupakan support system satu sama lain, sehingga ketika ada masalah mereka tidak malu meminta maaf, saling memahami, saling menguatkan, dan mencari solusinya bersama-sama. Saya beri nilai 8,7/10 untuk drama ini! 

  • Woo Do Hee - Kim Hae Kyung (Dinner Mate - 2020)

Sesuai judul dramanya, drama ini mengangkat cerita tentang pasangan makan. Nonton drama ini tuh jadi tau kalau urusan makan saja bukanlah hal yang sederhana. Kim Hae Kyung misalnya, ia seorang psikiater spesialis food therapist dimana melalui makanan ia berusaha menyembuhkan luka pasiennya. Pun dengan Woo Do Hee ketika berkencan, ia seringkali makan menu yang disukai pasangannya padahal ia tidak suka menu tersebut. Meski ia rela mengorbankan diri memakan makanan yang tidak diinginkannya agar tidak menimbulkan pertengkaran perihal makanan dengan pasangannya, nyatanya hubungan Do Hee tidak berjalan dengan mulus. Hubungan yang dibangun selama 6 tahun kandas hanya melalui pesan singkat dan ternyata pasangannya selingkuh.

Pertemuan singkat yang tidak disengaja antara Hae Kyung dan Do Hee di Pulau Jeju menjadi awal hubungan mereka. Do Hee berjanji akan mentraktir Hae Kyung sekembalinya ke Seoul, dan Hae Kyung mengiyakan ajakan tersebut dengan syarat tidak saling mengetahui identitas masing-masing.

Pertemuan kedua mereka yang tidak sengaja di Seoul memberikan kesan tersendiri bagi keduanya. Meskipun tanpa mengetahui identitas masing-masing, mereka merasa nyaman dengan makan malam yang mereka jalani karena mereka saling membutuhkan teman makan. Do-hee ingin makan sesuai keinginannya, dan Hae-kyung bisa mendapat teman makan. Dan benar saja dengan adanya kesepakatan untuk tidak saling mengenal, mereka dengan leluasa bisa menceritakan kehidupan mereka satu sama lain. Mulai dari makanan yang enak, tempat makan yang enak, bahkan kisah cinta mereka yang berakhir tragis. Melalui makan malam mereka saling berbagi keluh kesah dan saling mengobati luka masa lalu satu sama lain. 

Baca juga Lima Bahasa Cinta Choi Ung, Our Beloved Summer

Karena terlalu sering mereka menghabiskan waktu bersama, timbullah rasa cinta diantara mereka. Akan tetapi mereka masih denial dan menganggap pertemuan tak sengaja mereka terjadi secara kebetulan. Hingga akhirnya mereka mengakui bahwa takdir mempertemukan mereka kembali, dan mereka saling mengakui perasaan masing-masing.

Kisah cinta Do-hee dan Hae-kyung diuji manakala sosok masa lalu kembali hadir dalam hidup mereka. Do-hee dengan mantan kekasih yang obsesif terhadap dirinya, dan Hae-kyung dengan mantan kekasih yang agresif. Keduanya memaksa untuk bersama kembali. Namun pasangan ini saling bertumbuh satu sama lainnya, keduanya saling terbuka, saling menguatkan, dan memberikan ruang untuk saling introspeksi diri. Mereka memberikan pembelajaran mengenai hubungan yang sehat dengan mencoba "Melupakan masa lalu mereka dan melihat ke masa depan". Saya beri nilai untuk drama ini 8,5/10.

  • Baek Hee Sung - Cha Ji Won (Flowers Of Evil - 2020)

Sebelumnya teman-teman jangan mengira drama ini banyak momen uwu-uwunya ya, justru ini adalah drama thriller dan misteri. Diawal episode memang diperlihatkan betapa harmonisnya keluarga Baek Hee Sung. Ia bekerja sebagai pengrajin logam yang berbakat, memiliki istri cantik yang juga seorang detektif, dan anak perempuan yang cantik. Tapi dibalik itu semua Baek Hee Sung menyimpan rahasia besar dalam dirinya. Siapa sangka dibalik sikapnya yang mengayomi keluarganya, Hee Sung ternyata memiliki keterkaitan di masa lalu dengan seorang pembunuh berantai. 

Saya rasa cerita dalam drama ini sangat complicated namun tersusun dalam alur yang rapi. Saya tidak akan banyak menuliskan cerita dalam drama ini, silahkan teman-teman tonton dramanya di VIU atau di platform digital lainnya. Disini saya akan menyoroti hubungan suami istri Baek Hee Sung & Cha Ji Won yang cukup membuat saya salut.

Diceritakan bahwa Hee Sung menyembunyikan masa lalunya yang kelam dari Ji Won. Selama menikahi Ji Won, Hee Sung hanya menunjukkan sikap yang diinginkan istrinya, seperti menjadi suami idaman, mendukung pekerjaan istri, mengasuh anak dan menjadi ayah yang baik. Hingga pada akhirnya Ji Won terhubung dengan kasus pembunuhan berantai yang turut menyeret Hee Sung, meski awalnya tidak percaya namun bukti-bukti yang ada hanya mengarah pada Hee Sung sebagai pembunuhnya.

Jujur saya salut sekali dengan karakter Ji Won, sebagai seorang detektif yang mengetahui bahwa suaminya terhubung dalam kasus pembunuhan berantai, ia tidak langsung menghakimi suaminya. Ia hanya percaya kata-kata yang keluar dari mulut suaminya setelah suaminya diminta berkata dengan jujur. Bahkan demi menunggu ucapan kejujuran dari Hee Sung, Ji Won rela menjadi buronan demi menyembunyikan Hee Sung dari polisi yang mencarinya.

Setelah Hee Sung berkata jujur akan masa lalunya, Ji Won tidak serta merta berpaling dari Hee Sung. Bersama timnya, ia mencari bukti lebih dalam untuk memecahkan kasus tersebut. Hingga akhirnya terbukti jika Hee Sung bukanlah seorang pembunuh berantai, melainkan ayahnya dan kaki tangan ayahnya. Momen yang paling haru menurut saya ketika Ji Won meminta Hee Sung kembali ke dirinya dan keluarganya meski pada akhirnya Hee Sung ditembak oleh pembunuh aslinya yang menyebabkan hilang ingatan. Selain itu, momen Hee Sung bertemu putrinya kembali meski dalam keadaan ingatan akan putrinya masih samar-samar cukup mengharukan bagi saya. Disitulah Hee Sung meminta maaf pada putrinya dan putrinya memaafkan ayahnya. 

Pada akhirnya keluarga ini mengajarkan bahwa sebaik-baiknya rumah adalah keluarga tempat kita pulang. Saya beri nilai untuk drama ini 9/10!


To be continued ---

Mau rekomendasi drama selanjutnya?
Sssttt ditunggu update-an terbarunya yaa

Comments

  1. Reviewnya keren kak. Kok kepikiran buat nulis konten pasangan-pasangan green flag ya? Ditunggu pasangan-pasangan lainnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.Lagi suka drama-drama romcom yang bikin adem wkwk. Ahsiaap, ditunggu yaa....

      Delete
  2. Pertama kali nonton projectnya Jehoon jd suka bgt sm dia. Udah gemes bgt jd couplenya minah, dan doi ganteng bgttt. Akhirnya selalu nontonin projectnya dia. Seneng deh TWY masuk list pasangan tergreen flag hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, Jehoon project-nya bagus-bagus. Aktingnya juga bagus, udah maklum sih doi kan jajaran aktor senior :)

      Delete

Post a Comment