BEST K-DRAMA 2022

Daftar drama korea terbaik tahun 2022

Nggak kerasa ya tahun 2022 sudah tinggal hitungan jari. Rasa-rasanya waktu berlalu sangat cepat, Tahun ini masih sama dengan tahun kemarin, sebagian besar kehidupan saya berisi dengan kerja dan sesekali update tontonan K-Drama. Meskipun saya tidak mengikuti semua K-Drama on going di tahun 2022, namun beberapa K-Drama yang saya tonton sangatlah worth it untuk saya rekomendasikan pada teman-teman agar ikut menontonnya juga. 

Karena saya menonton K-Drama dari berbagai genre, maka saya berikan rekomendasi sesuai genre-nya saja untuk memudahkan teman-teman mengambil pilihan. Berikut rekomendasi Best K-Drama 2022 versi saya:

K-Drama Hukum 

Saya senang menonton K-Drama bergenre hukum yang mana saya banyak belajar hal baru dari kasus-kasus yang diceritakannya sekaligus dan pesan yang disampaikannya. Menurut saya K-Drama bergenre hukum terbaik di tahun 2022 yang sudah saya tonton ada pada K-Drama "Through The Darkness, Juvenille Justice, Extraordinary Attorney Woo, dan One Dollar Lawyer". Masing-masing dari K-Drama tersebut mengangkat cerita yang berbeda, tentunya cukup berkesan bagi saya.

  • Through The Darkness - K-Drama ini menceritakan bagaimana perjalanan Kepolisian Korea Selatan yang menciptakan departemen khusus untuk menganalisa perilaku kriminal sebagai big data untuk memprediksi tindakan kriminal selanjutnya. Hal ini berhubungan pula dengan lahirnya profiler pertama di Korea Selatan. Perjuangan untuk menganalisa pola dan motif pelaku kejahatan bukanlah hal yang mudah, inilah yang menurut saya menarik. Karena dalam K-Drama ini menceritakan proses perjuangan dalam mengumpulkan data dari 0 hingga analisa kasus yang menjadi pengetahuan baru untuk saya. 
  • Juvenille Justice - Siapa yang beranggapan bahwa anak yang melakukan kejahatan sudah seharusnya dimaklumi? Jika teman-teman masih beranggapan penjahat anak bisa dimaklumi cobalah untuk menonton K-Drama ini. Saya yakin pandangan teman-teman akan berubah tidak setuju setelah menonton ini. K-Drama ini mengangkat tema pengadilan anak yang mana ini menurut saya tema baru dalam K-Drama hukum, dimana cerita yang diangkat berdasarkan kejadian nyata. Sepanjang nonton K-Drama ini saya bergidik ngeri melihat bagaimana anak-anak dibawah umur melakukan tindakan yang sadis pada orang lain. Saya sangat suka dengan kata-kata yang diucapkan hakim Sim Eun-seok, meskipun itu cukup sadis namun ucapannya benar.

"Kita perlu menunjukkan pada mereka betapa kejamnya hukum itu! Kita harus mengajar mereka bahwa ketika kamu menyakiti seseorang, kamu harus membayar konsekuensinya"

“Bila keluarga dan sekolah tidak menghukum dan membuat mereka sadar, maka setidaknya pengadilan bisa melakukannya.”

  • Extraordinary Attorney Woo - Untuk K-Drama ini sudah saya ulas di postingan berikut, silahkan teman-teman baca disini ya (baca disini)
  • One Dollar Lawyer - Biasanya gaji seorang pengacara pasti besar apalagi jika jam terbangnya tinggi dan kemampuan dalam memecahkan kasus sangat akurat. Hal ini tidak berlaku bagi pengacara nyentrik Cheon Ji-hun yang hanya menarik tarif 1 dolar atau 1000 won untuk menyelesaikan kasus kliennya. Meskipun dibayar dengan harga segitu namun kasus yang ditangani pengacara Cheon tidak pernah gagal. K-Drama ini menurut saya menarik, selain gaya penyelesaian kasus pengacara Cheon yang cukup ekstrim, pembawaan diri pengacara Cheon yang humoris diluar tapi ternyata ia memiliki pengalaman hidup yang sangat tidak menyenangkan. Selain itu, ia juga berusaha menemukan makna dari tarif 1 dolar bagi dirinya. Loh kok gitu? coba tonton saja deh, dijamin nagih!

K-Drama Komedi Romantis

Untuk K-Drama komedi romantis saya berikan rekomendasi K-Drama ringan yang cukup menghibur di waktu penat. Rekomendasi saya diantaranya Business Proposal, Crazy Love, Soundtrack #1, Welcome To The Wedding Hell, The Law Cafe, dan Love In Contract. Pesan saya sebelum nonton K-Drama ini, kuatkan iman karena banyak adegan yang tidak ramah jomblo hehehe

  • Business Proposal & Crazy Love - Jika teman-teman menyukai genre K-Drama romcom perkantoran, dua K-Drama ini layak untuk ditonton. K-Drama ini sama-sama bercerita mengenai kisah cinta antar bos dan karyawan, dari yang awalnya benci banget sampai cinta banget. Jika kalian tidak tahan dengan perilaku orang pacaran yang cringely saya sarankan tidak menonton K-Drama ini, karena K-Drama ini SANGAT tidak ramah jomblo. 

  • Soundtrack #1 - Menurut orang-orang "Persahabatan antara laki-laki dan perempuan sangat nggak mungkin kalau tidak ada perasaan dari salah satunya". Begitulah yang dialami Han Sun-woo, 19 tahun bersahabat dengan Lee Eun-soo ternyata juga menimbulkan perasaan lain di luar persahabatan mereka. Dimana ada Eun-soo yang sedang sedih, disitulah ada Sun-woo yang siap memberikan pundaknya untuk bersandar. K-Drama ini sangat manis menurut saya, hanya dengan 4 episode, kita disuguhkan perjalanan dua orang ini untuk jujur dengan perasaan mereka. Selain itu, setting tempat dan suasananya sangat menenangkan dan homey ditambah sinematografi yang kece bikin makin betah nontonnya.

  • Welcome To The Wedding Hell - Jika teman-teman akan melangsungkan pernikahan, wajib sekali untuk menonton K-Drama ini terlebih dahulu. K-Drama ini menceritakan lika-liku persiapan menuju pernikahan dan bagaimana menyikapi dinamika tersebut. Saya mendapat banyak sekali pelajaran dari menonton K-Drama ini dimana pernikahan bukan hanya menyatukan 2 orang yang berbeda sifat, akan tetapi juga menyatukan 2 keluarga yang berbeda nilai-nilai yang dianutnya. Saya jadi tahu bahwa dinamika dalam proses menyiapkan pernikahan apabila tidak terkomunikasikan dengan baik bisa mengakibatkan gagalnya pernikahan. Ternyata persiapan pernikahan tidak sesederhana dalam bayangan saya :(

  • The Law Cafe - K-Drama ini menceritakan seorang pengacara yang membela kasus probono atau gratisan sehingga ia diusir dari firma hukum ternama. Ia lalu mendirikan cafe dengan menjual kopi dan memberikan layanan hukum gratis. Namun tanpa ia sangka pemilik gedung cafenya merupakan mantan pacarnya, disinilah cerita seru hubungan antara induk semang dan penyewa dimulai hingga akhirnya terjadilah CLBK. K-Drama ini menurut saya cukup seru, mengingat ini comeback-nya Lee Seunggi setelah membintangi K-Drama Mouse yang 'sangat' berat dan Lee Seyoung dengan K-Drama The Red Sleeve yang membuat penonton nangis bombay. Akting keduanya sebagai partner in crime sangat seru apalagi dengan pembawaan Lee Seyoung sebagai pengacara yang energik dan Lee Seunggi dengan penampilan kucel khas penganggurannya.

  • Love In Contract - Ditengah gempuran K-Drama yang berat, Love In Contract hadir dengan membawa nuansa komedi romantis yang bikin healing penonton. Diceritakan bahwa Choi Sang-eun memiliki pekerjaan yang tidak biasa, pekerjaannya adalah menikah dan menjadi istri sewaan. Meskipun demikian, Sang-eun sangat totalitas dalam melakukan pekerjaannya dari awal kontrak dibuat hingga proses cerai dan kontrak berakhir. Karena pekerjaannya inilah ia bertemu dengan Jung Ji-hoo yang berprofesi sebagai hakim sekaligus suami palsunya. Saya menyukai pasangan ini meski pada awalnya hanya hubungan palsu, namun ketika mereka memutuskan untuk menjalin hubungan yang sesungguhnya, pasangan ini mencoba untuk menyelesaikan dan berdamai dengan masa lalunya sebelum saling menerima sebagai pasangan satu sama lain. Ini bukan hal yang mudah, apalagi dengan rekam jejak Sang-eun yang menikah lebih dari 10 kali. Tapi, saya salut dengan perjuangan pasangan ini.

K-Drama Misteri

Sebenarnya tahun 2022 banyak sekali K-Drama misteri, namun saya hanya menonton Little Women saja. Jadi saya hanya merekomendasikan Little Women untuk teman-teman tonton. K-Drama ini digarap oleh Studio Dragon jadi jangan ragukan kemampuan sinematografinya yang sangat sangat sangat keren sekali. Apalagi K-Drama ini menceritakan perbedaan kehidupan si kaya dan si miskin, Studio Dragon memberikan potret kesenjangan sosial dengan sinematik dan disertai dengan backsound yang creepy. Kenapa dibilang creepy, karena cerita dalam kehidupan antara si kaya dan si miskin terhubung dalam kisah yang sama. Jujur saya cukup kena mental di setiap adegan yang ada Won Sangah, ketika ia muncul saya merasa deg-degan dan memiliki kecemasan yang tidak beralasan. Memang keren sekali perpaduan dari akting, efek suara, dan suasana di setiap adegan dari K-Drama ini.

K-Drama Sageuk

Rekomendasi terakhir dari saya untuk rekomendasi K-Drama saeguk di tahun 2022 hanya ada 2 K-Drama yang menurut saya pribadi SANGAT MASTERPIECE, yaitu Alchemy Of Souls dan Under The Queen's Umberella. Saya sampai bela-belain ikut tim on going dan tiap minggunya dibuat overthinking dengan cerita dari K-Drama ini.

  • Alchemy Of Souls 1 & 2 - Saya ikut tim on going dari K-Drama ini di season 2. Kebetulan waktu libur kerja saya langsung marathon season 1 ke season 2 dan saya dibuat penasaran dengan ending-nya. Saya sampai nggak bisa berkata-kata untuk menuliskan cerita singkat dari K-Drama ini karena ceritanya sangat complicated namun tersusun rapi oleh penulisnya. Akting pemainnya nggak kaleng-kaleng, ditambah setting tempatnya bagus-bagus, fashion stylist-nya cakep-cakep, original soundtrack-nya enak-enak, dan sinematografinya digarap Studio Dragon. INTINYA SAYA SANGAT MEREKOMENDASIKAN K-DRAMA INI.  

  • Under The Queen's Umberella - Sesuai dengan judulnya, K-Drama ini menceritakan perjuangan seorang ibu dari 5 orang putra sekaligus ratu dari sebuah negara. Banyak sekali yang harus diurus dan berada dalam perlindungan Ratu Im Hwa-ryeong baik masalah rumah tangga, anak-anak kandung maupun anak-anak selir raja, rakyat, dan sebagainya. Saya sangat menyukai karakter Ratu Im Hwa-ryeong sekaligus metode parenting yang digunakan pada anak-anaknya. Selain itu Ratu merupakan seseorang yang pintar berstrategi dan suka membaca sehingga pengetahuannya sangat luas. Ratu Im Hwa-ryeong merupakan goals saya sebagai seorang perempuan.
🌙
Demikianlah rekomendasi BEST K-DRAMA 2022 versi saya, semoga bisa memberikan insight daftar tontonan untuk libur tahun baru. Stay healthy teman-teman.....💗

Comments