Resep Kimbap Korea Homemade, Enaknya Kebangetan!

Gimbap atau Kimbap merupakan salah satu kuliner Korea yang populer. Kimbap bisa dibuat dengan mudah dan praktis bisa dimakan dimana saja. 

Kimbap terbuat dari nasi putih (bap) yang diisi dengan beragam sayuran (mentimun, wortel, acar, bayam) dan lauk (telur dadar, ikan, sosis, crab stick, dan sebagainya) kemudian digulung bersama rumput laut kering (gim). Kimbap kemudian dipotong-potong dan siap untuk dimakan.

Jika teman-teman penggemar drama korea, tentunya sudah tidak asing lagi melihat makanan ini ada dalam berbagai scene seperti memakan kimbap saat waktu makan yang sempit atau membuat kimbap bersama untuk bekal piknik. 

Ha Baek dan Soo Ah membuat kimbap bersama
Ha Baek dan Soo Ah membuat kimbap bersama

Jo Mi Ja, hacker ahjumma di drama "Healer" 
seringkali makan kimbap untuk menghemat waktu makan

Beberapa waktu yang lalu, saya dan rekan-rekan kerja mencoba untuk membuat kimbap. Kimbap yang kami buat dengan isian seadanya, mudah bikinnya, dan ternyata rasa kimbapnya enaakkk bangeet sampe mau nangis wkwkwkwk  

Bahan-bahan:
  • Nasi putih secukupnya
  • Rumput laut kering (saya pakai sushi nori mamasuka)
  • Telur dadar 
  • Mentimun
  • Wortel rebus
  • Ikan tuna (sudah dikukus dan dicampur dengan mayonaise pedas)

Cara membuat:
  1. Campurkan nasi putih yang masih hangat dengan gula dan garam, lalu koreksi rasanya (jangan terlalu asin maupun terlalu manis)
  2. Iris wortel, mentimun, dan telur dadar dengan bantuk irisan yang panjang-panjang
  3. Letakkan roll sushi maker, taruh rumput laut kering, tata dengan nasi secukupnya yang diratakan ke permukaan rumput laut. Kemudian isi nasi dengan sayuran yang sudah diiris panjang-panjang, letakkan telur dadar, dan beri tuna mayo di atasnya.
  4. Gulung kimbap sambil ditekan-tekan supaya padat. Setelah selesai, potong kimbab dengan hati-hati dan sajikan.


Dan inilah kimbap bikinan saya :)


Comments